Buah Nanas dan Manfaatnya

Nanas Dan Khasiatnya

Nanas merupakan tanaman buah berupa semak dengan daging buah berwarna kuning, kandungan air yang dimiliki buah nanas 90%.Nanas kaya akan kalium, kalsium,iodium ,sulfur,Khloe,asam,biotin, Vitamin B12, Vitamin E serta enzim Bromelain.

nanas pertama kali masuk ke Indonesia kedaerah Jawa dan Sumatra, karena dibawa oleh para pelaut Spanyol dan portugal.pada mulanya ditanam hanya sebagai tanaman pekarangan,tapi kemudian dibudidayakan menjadi tanaman perkebunan.

Diantara manfaat nanas untuk kesehatan:

1-nanas mempunyai asam amino esensial dan non esensial untuk membantu memperkuat sistim imun dalam tubuh, mengatasi kelelahan serta meningkatkan stamina dan energi.zat valine dan leucine yang terdapat didalam nanas juga dibutuhkan oleh tubuh kita untuk pertumbuhan dan memperbaiki jaringan otot.zat ini termasuk salah satu zat esensial yang diperlukan untuk mempertahankan kadar energi tubuh kita.

2-Zat amino non esensial,proline, penting untuk mempertahankan fungsi sendi dan tendon,serta menguatkan otot jantung,selain itu nanas mengandung cystine yang berguna untuk pembentukan kulit dan rambut kita.Cystine juga membantu memperlambat proses penuaan dini.

3-Nanas bersifat membersihkan enzim Bromelain Membantu membersihkan tubuh dan mengimbangi kadar keasaman dalam darah,nanas menaikkan kadar basa darah dan membantu meringankan penyakit edema dengan cara mengurangi air berlebih diDalam tubuh.

4-Nanas adalah salah satu dari beberapa buah yang mempunyai kandungan aspartic acid yang cukup tinggi, Asam aspartic berfungsi sebagai asam amino didalam tubuh kita sehingga membantu proses metabolisme tubuh.asam ini juga membantu membuang asam amino didalam tubuh,amonia adalah racun yang berbahaya bagi sistem syaraf pusat.

5-Nanas kaya akan enzim Bromelain yang berguna untuk melegakan tenggorokan dan membantu pencernaan.enzim Bromelain mencerna protein didalam makanan dan menyiapkannya agar mudah diserap tubuh.bromelain juga membantu proses penyembuhan luka dan mengurangi pembengkakan atau peradangan didalam tubuh,nanas adalah pilihan yang baik bagi pasien sebelum dan sesudah menjalani operasi.

6-mengkonsumsi sari buah Nanas akan meningkatkan protein dalam tubuh,nanas juga bisa mengurangi dehidrasi,buah nanas mengandung vitamin C dan vitamin A(retinol).masing masing sebesar 24,0 miligram dan 39 miligram dalam setiap 100 gram.vitamin C dan A Tersebut memiliki Aktivitas sebagai antioksidan yang mampu menghentikan reaksi berantai pembentukan radikal bebas dalam tubuh yang diyakini sebagai provokator berbagai penyakit.

7-menurut penelitian yang dilakukan oleh Web dan Wroslstad dari jurusan ilmu dan teknologi pangan, Oregon state university 2002,sari buah nanas ternyata memiliki kandungan serotonin sekitar 1,7 miligram-3,15 miligram/100 gram.serotonin ini selain sebagai pencegah kanker juga dapat mengurangi stres.dengan mengkonsumsi buah nanas 200 gram sehari secara teratur selama beberapa Minggu tubuh memperoleh manfaat ganda,selain vitamin C sekitar 60 miligram terpenuhi.tubuh akan mengalami rileksasi (terhindar dari stres) karena turunnya kadar kolesterol darah sebesar 10 persen.

8-Buah nanas ternyata mampu melangsingkan tubuh dan cukup baik digunakan untuk program diet.caranya adalah sediakan satu buah nanas yang tidak terlalu matang,kupas lalu cuci bersih, potong seperlunya,lalu dijus atau diparut, kemudian peras airnya,minum perasan air ini tanpa campuran apapun,lakukan dua kali sehari.

9-Buah dan daun nanas ternyata bermanfaat untuk membersihkan jaringan kulit yang mati.enzim dalam daun dan buah nanas ternyata dapat membuat jaringan yang terkena luka bakar sehat kembali.

Yang perlu mendapat perhatian:

Bagi beberapa orang, mengkonsumsi nanas terkadang dapat menyebabkan sakit kepala,nanas juga dapat menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang.biasanya berupa alergi kulit,dimana kulit Menjadi merah dan gatal setelah mengkonsumsi nanas.untuk menghindari hal tersebut, sebelum mengkonsumsi nanas,cuci buah nanas yang sudah bersih dengan air garam.sehingga enzim dalam yang bisa menimbulkan Rasa gatal tadi berkurang,selain itu efek samping buah Nanas bagi tubuh kita adalah:

-Nanas Muda diyakini berpotensi sebagai obortivum yang dapat menggugurkan kandungan, namun hal ini masih dalam perdebatan.meski begitu tetap lah berhati-hati dalam mengkonsumsi nya.wanita Hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi nanas muda.

-Buah Nanas masak mengandung kadar gula yang cukup tinggi, penderita diabetes tidak mengkonsumsi nanas secara berlebihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *