Es Legen Lamongan. Kamu Kudu Coba!!

sehatsemangat.com – Es legen lamongan biasa kita jumpai di daerah paciran sepanjang jalur pantura dari arah WBL ke barat.

Jenis Tumbuhan

Legen merupakan minuman tradisional yang terbuat dari nira, hasil sadapan pohon lontar. Bagi penduduk Pantura Lamongan, Tuban, dan daerah sekitarnya, pohon ini disebut pohon siwalan.Lontar merupakan jenis tanaman palem-paleman. Tinggi pohon ini bisa mencapai puluhan meter.

Ini adalah es legen asli yang didapatkan langsung dari hasil sadapan pohon siwalan / lontar. Pohon siwalan merupakan jenis tanaman palem-paleman yang hanya tumbuh di daerah kering, jadi sangat cocok hidup di wilayah pesisir.

Penyadapan Pohon Siwalan

Biasanya penyadap akan melakukan aksi penyadapan pohon siwalan 2 kali dalam sehari, yaitu saat pagi dan sore hari. Setiap pagi sekitar pukul 07.00, penyadap berangkat mengambil nira hasil sadapannya. Mereka harus memanjat pohon siwalan yang tingginya kira-kira 9 meter tanpa pengaman, hal ini menjadi hal yang biasa bagi warga sekitar mungkin bukan hal biasa bagi warna lain. Di ujung pohon telah dipasang bumbung bambu yang digunakan sebagai tempat menampung nira. Bumbung-bumbung ini dipasang sore hari sebelumnya, untuk menampung tetes nira mayang siwalan yang telah dipotong ujungnya.

Warung Es Legen Lamongan Paling Sip

Salah satu penjual es legen lamongan yang seger (karena saya sudah berlangganan sejak SMP) adalah di warung bu karmini. Posisi tepat di depan SMP 1 Paciran. Es legennya suueger, es dawet siwalannya juga suuuppeerr suuugggeeeerr. Tak hanya es saja yang dijual, ada pula jumbrek, aneka gorengan, dan rujak buah khas lamongan. Rujak buahnya beda lho dengan rujak sejenis dari tempat lain.

Legen yang dijual di sini mempunyai rasa yang unik. Berbeda dari air air yang dijual di tempat lain seperti di Surabaya atau Sidoarjo. Legen yang dijual di sini bener bener asli legen dan saya sempat lihat langsung ke lokasi penyadapan. Legen juga mempunyai rasa yang manis, namun dengan sedikit getir yang menambah cita rasa khas dan kesegarannya.

Legen bukan merupakan minuman yang tahan lama. Masa expired-nya  lebih cepat daripada air kelapa. Minuman ini tidak bisa bertahan sampai satu hari. Jadi sebelum meminum legen, sebaiknya kamu pastikan dulu bahwa legen yang kamu minum masih baru dan belum basi. Karena apabila sudah basi, legen ini akan menjadi tuak yang bisa memabukkan.

Harga yang dibandrol untuk 1 gelas es legen lamongan dan juga es siwalan adalah Rp.7.500 per gelas, ya cukup murah untuk menikmati hasil alam asal lamongan. Jadi andai kamu melintasi Lamongan arah WBL sempatin lah mampir ke warung bu karmini, dijamin gak bakal nyesel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *