Indonesia Gudang Bahan Baku Herbal

Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat kaya akan hasil bumi dan tanaman obat. Indonesia adalah gudang tanaman herbal, tanaman yang diambil akarnya untuk obat ada di sini, tanaman yang daunnya digunakan untuk obat ada di Indonesia, tanaman yang kulit buahnya diambil untuk menyebuhkan penyakit juga ada, bahkan tanaman yang kulit batangnya dipakai untuk obatpun banyak ditemui di Indonesia. Indonesia adalah gudang bahan baku herbal mungkin sebutan itu layak untuk disandang oleh Negara yang dipenuhi oleh bermacam macam suku dan budayanya.

Sakit sembelit, sukar untuk buang air besar, cukup ambil daun jambu biji digodok bisa jadi obat, sakit perut ambil temulawak, diperas kemudian diambil sarinya
bisa untuk meredakan maag. Sampai penyakit yang levelnya cukup tinggi seperti kanker di Indonesia sudah ada daun sirsak yang sampai saat ini obatnya masih abu abu butuh proses yang seperti apa bisa digunakan untuk obat kanker.

Memang Indonesia adalah negara yang kaya raya akan sumber daya obat herbal, obat dari herbal biasanya dinamakan dengan sebutan jamu oleh orang kebanyakan. Jamu adalah warisan leluhur sejak jaman dahulu kala. Tidak sedikit orang luar yang ingin membeli bahan baku obat herbal dari Nusantara ini. Amerika, Australia, Korea adalah negara yang kebanyakan suka akan bahan baku hebal indonesia. Bahan baku herbal yang sering tidak sepi peminat antara lain ; daun sirsak, daun kelor, cabe jawa, jahe, kunir, dst.

Indonesia memiliki sekitar 30.000 tanaman dan 940 di antaranya merupakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat. Bahan baku herbal asal Indonesia mampu bersaing dengan negara negara seperti Thailand, Amerika latin, vietnam. Kami yakin jika dibanding dengan negara lain, produk bahan baku indonesia bisa “bertempur indah” dengan negara manapun.

Faktor Yang Mempengaruhi :

  1. Indonesia kaya akan keaneka-ragaman hayati terbesar kedua setelah brazil
  2. Indonesia terletak di garis katulistiwa
  3. Musim di Indonesia ada 2 musim

Baca juga : Manfaat lidah buaya untuk kecantikan

Bahan baku alami dari Indonesia bisa menjadi obat fitofarmaka atau obat herbal yang setara dengan obat modern. Saat ini hanya ada 7 fitofarmaka, 43 herbal terstandar, dan sekitar 9000 jamu. Kualitas produk fitofarmaka tak kalah dengan obat modern atau obat kimia. Saat ini sudah ada beberapa obat herbal modern yang bersumber 100 persen dari bahan baku alami di Indonesia. Obat herbal modern itu antara lain, obat untuk penyakit diabetes, batuk, pelancar sirkulasi darah, hingga membantu pengobatan kanker payudara. Jika fitofarmaka dikembangkan, Indonesia bisa mengurangi impor obat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *