Manfaat dan Efek Samping Jeruk Nipis

Jeruk nipis, siapa yang tidak tahu buah yang satu ini selain rasanya yang segar ternyata mengandung banyak manfaat. Apa saja manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, berikut ulasannya :

Manfaat Jeruk Nipis :

1. Meningkatkan imunitas tubuh.

Kandungan vitamin C yang ada di dalam jeruk nipis bisa meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Dengan rajin meminum air perasan jeruk nipis, kandungan antioksidan berupa flavonoid akan membantu meningkatkan imunitas Anda, sehingga dalam kondisi apapun Anda akan tetap bugar.

2. Membantu mengurangi tekanan darah tinggi

Jeruk nipis kaya akan kalium, sehingga kalium ini bisa membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

3. Membantu mengobati asam urat

Asam sitrat pada jeruk nipis merupakan faktor penting yang berguna untuk melarutkan asam urat secara alami. Minumlah segelas jeruk nipis setiap pagi.

4. Membantu menurunkan kolesterol

Jeruk nipis kaya akan flavonoid. Flavonoid bertindak sebagai anti-oksidan kuat. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

5. Menurunkan berat badan

Teh jeruk nipis dapat memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak, sehingga akan membantu menghilangkan lemak pada tubuh. Caranya:

  1. Siapkan sekantung teh celup atau 3 sendok teh
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. Segelas air panas
  4. Seduh teh dan campurkan perasan jeruk nipis ke dalamnya
  5. Konsumsilah secara rutin

6. Menjaga berat badan ideal

jeruk nipis dapat memperlancar metabolisme tubuh. Oleh karena itu, bagi Anda yang mencoba manfaat jeruk nipis untuk diet agar berat badan terjaga, minumlah air perasan jeruk nipis setiap hari agar berat badan ideal Anda terjaga.

Efek Samping Jeruk Nipis

Ternyata jeruk nipis juga memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan, apa saja itu? ini dia :

1. GERD

GERD juga dikenal sebagai gastroesphageal reflux disoder adalah gangguan pencernaan yang memengaruhi otot antara kerongkongan dan lambung.

GERD dipicu oleh makanan pedas atau asam, dan air jeruk nipis dapat mengiritasi lapisan kerongkongan sehingga memperburuk GERD.

2. Kerusakan gigi

Ini dikarenakan air jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat tinggi yang bisa menyebabkan pengikisan email gigi.

3. Masalah kehamilan (bagi ibu hamil)

Konsumsi jeruk nipis yang berlebihan dapat memengaruhi perut, ini mungkin berdampak langsung pada janin. Anda akan lebih rentan terhadap sakit maag dan penyakit akibat makanan selama masa kehamilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *