Manfaat dan Efek Samping Kulit Manggis

Manfaat dan efek samping kulit manggis – Siapa yang menyangka bahwa buah manggis yang buahnya enak itu ternyata kulitnya dapat dijadikan sebagai obat. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa kulit manggis mempunyai manfaat bagi tubuh manusia. Pengolahan kulit manggis harusnya dilakukan dengan cara yang baik supaya khasiatnya bisa tetap bisa dirasakan. Pengolahan yang kurang baik malah akan mengakibatkan efek samping yang bisa menggangu tubuh.

Manfaat Kulit Manggis :

1. Kulit manggis sebagai anti inflamasi

Kulit manggis mampu untuk memperbanyak zat prostaglandin yaitu  zat dengan struktur kimia menyerupai hormon. Perannya terbilang penting karena prostaglandin dibutuhkan dalam sistem reproduksi serta proses penyembuhan luka.

2. Kulit manggis mampu menurunkan kadar gula darah

Ada beberapa jurnal yang menyatakan bahwa ektrak kulit manggis mampu menurunkan kadar gula darah. Jika ngomongin gula darah itu nyerempetnya ke kencing anis. Kulit manggis itu mempunyai asam tannic itu yang bisa menurunkan gula darah. Asam tanic adalah suatu senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan, berasa pahit dan kelat, yang bereaksi dengan dan menggumpalkan protein, atau berbagai senyawa organik lainnya termasuk asam amino dan alkaloid.

3. Kulit manggis untuk kecantikan

Kulit manggis bisa dijadikan masker untuk melawan jerawat, cocok sekali dibuat untuk konsumen anak anak ABG atau cewek cewek yang menjaga kecantikan wajahnya. Manggis memiliki sifat antibakteri alami dan senyawa antimikroba yang sangat efektif dalam mengobati banyak masalah kulit yang umum.

4. Kulit manggis bisa mencegah penyakit jantung

Khasiat dari kulit manggis untuk sembuhkan jantung koroner ini ialah dengan meluaskan pembuluh darah dan melancarkan peredaran darah sampai mengurangi lemak yang jadi penyebab penyakit jantung koroner.

Efek Samping Kulit Manggis

Jika dikonsumsi secara berlebihan atau baru pertama kali konsumsi biasanya orang akan mengalami beberapa efek samping berikut : alergi ringan seperti kulit menjadi kemerah merahan, gatal gatal pada beberapa bagian tubuh. Bisa juga sakit kepala, nyeri otot, perut mual.

Bagaimana merebus daun sirsak untuk obat? cek di sini ya

Cara Bikin Jus / Sari Kulit Manggis

Untuk cara yang pertama ini hal dan langkah yang harus Anda lakukan yakni :

  1. Siapkan 1 buah kulit manggis, kemudian pisahkan kulit manggis itu dengan buah dan bijinya.
  2. Bersihkan kulit manggis menggunakan sendok untuk mengeruk bagian kulit manggis, pisahkan antara kulit keras yang ada dibagian luarnya.
  3. Kemudian setelah itu kulit manggis yang telah dipisahkan tadi, dimasukkan kedalam lemari pendingin.
  4. Lalu campurkan kulit manggis dengan 2 sdm madu murni dan ½ gelas air, setelah itu masukkan kedalam mesin blender untuk dihancurkan.
  5. Sesudah halus, endapkan campuran kulit manggis itu selama 24 jam. Lalu saring dan pisahkan antara ampas dengan ekstrak xanthone kulit manggis.
  6. Kemudian Anda bisa meminumnya dengan teratur 2x sehari (pagi dan sore).

Dengan Cara Dikeringkan

  1. Siapkan 1 buah kulit manggis.
  2. Potong-potong kulit manggis tersebut.
  3. Kemudian jemur dibawah panas matahari hingga kulit manggis benar-benar kering.
  4. Kemudian kulit manggis yang sudah kering itu, kemudian di giling / diblender hingga halus seperti kopi.
  5. Untuk penyajiannya, tuangkan 2 sdm kulit manggis yang telah dihaluskan tadi kemudian seduh dengan ½ gelas air panas, agar rasanya lebih nikmat tambahkan 2 sdm madu murni kemudian aduk hingga merata.
  6. Setelah ramuan tersebut agak dingin, minumlah ramuan hingga habis.
  7. Lakukan terapi ini 2x sehari (pagi dan sore) sebelum makan.
  8. Sisa kulit manggis yang telah dihaluskan tadi bisa disimpan dalam wadah kedap udara, sebab kulit manggis yang dikeringkan bisa bertahan lama (dan itupun kalau memang benar-benar kering pada saat menjemurnya).

 

 

Satu tanggapan untuk “Manfaat dan Efek Samping Kulit Manggis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *