Merebus Daun Sirsak Untuk Obat

sehatsemangat.com – Pernahkah Anda merebus daun sirsak? bagusnya merebus daun yang basah atau daun yang kering? apa beda cara merebusnya? Dalam artikel ini saya akan coba paparkan sesuai pengalaman saya. Khasiat daun sirsak kering atau basah tetap sama jika direbus. Baik rasa, warna, aroma daun sirsak basah dan daun kering sama. Lantas apa yang membedakan daun basah dan kering? daun kering otomatis kadar airnya jauh lebih kecil daripada daun basah. Daun sirsak basah jika terlalu lama disimpan di lemari es akan berwarna kecoklatan tapi bukan coklat seperti layaknya dijemur sinar matahari, warnanya berbeda.┬áKandungan senyawa aktif pada daun sirsak tetap sama dengan daun segar. Perbedaannya hanya karena simplisia kehilangan kadar airnya. Daun sirsak jika dikeringkan dengan suhu ruangan hasilnya akan maksimal, seperti artikel yang saya post sebelumnya.

Tips Merebus Daun Sirsak

Daun sirsak bekas rebusan sebaiknya tidak bisa digunakan kembali karena perebusan ulang bahan herbal menyebabkan zat toksik mulai terlarut dalam air rebusan. Air rebusan masih layak konsumsi 12 jam pasca perebusan. Setelah itu baru air rebusan bisa basi. Cirinya warna menjadi semakin pekat, berbau, dan rasa berubah menjadi agak asam. Konsumsi air rebusan basi menyebabkan diare, selain itu khasiat yang diharapkan didapat tidak tercapai.

Untuk memperpanjang umur simpan, disarankan untuk menyimpan air rebusan di lemari pendingin dan dibekukan. Dengan cara itu air rebusan dapat disimpan hingga 2 minggu. Jika hendak meminumnya, tinggal keluarkan air beku dari kulkas lalu biarkan mencair dan siap dikonsumsi namun cara ini tidak saya sarankan, andai mau konsumsi herbal daun sirsak bisa bikin lagi karena utamanya rebusan daun sirsak hanya untuk satu kali minum.

Untuk menyimpan daun sirsak supaya dapat digunakan lagi, Para herbalis menyarankan untuk menyimpan bahan baku dalam bentuk daun kering supaya tahan lama. Penyimpanan daun sirsak segar dalam jumlah banyak sulit karena dalam 5 hari daun mulai kehilangan kadar airnya. Cuci bersih daun, lalu diangin-anginkan sampai susut kadar airnya. Setelah itu masukkan ke dalam kulkas. Namun, 5 – 7 hari pasca penyimpanan di kulkas umumnya daun mulai layu dan kehilangan kandungan air.

Media Merebus Daun Sirsak

Media yang digunakan dalam merebus daun sirsak adalah dengan panci keramik atau tembikar (wadah yang terbuat dari tanah liat). Kami tidak menyarankan menggunakan panci alumunium untuk merebus daun sirsak.

Tutorial Merebus Daun Sirsak

  1. Siapkan terlebih dahulu panci keramik atau tembikar
  2. daun sirsak, karena saya orang sehat wal afiat jadi saya gunakan 5 daun sirsak, 1 daun jeruk (sebagai penambah aroma saja) tidak menggunakan daun jeruk juga tidak masalah. Daun sirsaknya boleh menggunakan daun sirsak kering atau daun sirsak basah tapi dalam tutorial ini saya menggunakan daun sirsak basah.
  3. air 500 ml

Mula mula cuci daun sirsak dengan air mengalir,

lalu potong / suwir suwir daun sirsak menjadi beberapa bagian.

Taruh di panci keramik, dan tambahkan air 500 ml.

Rebus daun sirsak sampai 30 menit sehingga air menjadi 200 ml.

Minum sekali habis dan selamat menikmati minuman rebusan daun sirsak.

Btw jika ingin beli daun sirsak kualitas bagus seperti yang saya foto boleh beli ke bukalapak di LINK ini.

[everest_form id=”79″]

2 tanggapan untuk “Merebus Daun Sirsak Untuk Obat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *