Tanaman Pelancar ASI. Ibu Menyusui Kudu Tahu

Agar ASI kian melimpah dan berkualitas, maka Moms harus mengonsumsi aneka makanan sehat dan kaya nutrisi, artikel berikut adlaah tentang tanaman pelancar ASI. Menurut penelitian dari Telethon Institute for Child Health Research, kandungan gizi ASI lebih baik ketimbang susu formula. Makanan ini memberikan efek jangka panjang pada bayi, semisal kekebalan terhadap penyakit dan kecerdasan. Karena itu, seorang ibu harus mengupayakan agar ASI tetap lancar. ASI merupakan simbol kasih sayang dari Ibu pada buah hati. Pengen dong ASI bunda terus terusan lancar, ada baiknya mengonsumsi tanaman berikut sebagai pelancar ASI.

Tanaman Pelancar ASI :

Daun Katuk

Katuk merupakan tanaman yang banyak dijumpai di daratan Asia. Tanaman dengan nama Latin Sauropus androgynus L.Merr. ini dimanfaatkan daunnya sebagai bahan masakan. Selain itu, ia juga dimanfaatkan untuk meningkatkan jumlah ASI oleh ibu menyusui. Ada banyak resep olahan daun katuk untuk membuatnya enak dikonsumsi antara lain dibuat sayur bening, tumis udang dengan daun katuk, bakwan daun katuk, jus daun katuk

Daun Kelor

Daun kelor berasal dari pohon kelor, yang punya nama latin moringa oleifera. Daun kelor didukung oleh rentetan nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti vitamin A, B, dan C. Per 100 gram daun kelor juga mengandung 75 kalori, 60 gram protein, 13 gram karbohidrat, dan 353 mg kalsium. Selain itu, daun kelor mengandung zat besi yang bisa mencegah anemia. Total kandungan nutrisi dalam 200 mg daun kelor bahkan setara dengan 4 butir telur dan 2 gram susu.

Kacang Almond

Kacang almond merupakan salah satu makanan dengan kandungan nutrisi tinggi yang bermanfaat bagi ibu menyusui. Ada banyak macam olahan kacang almond yang dapat dikonsumsi, salah satu yang cukup familiar adalah susu kacang almond. Susu kacang almond merupakan olahan dalam bentuk suspensi dari sari kacang almond. Pengolahan pada susu kacang almond hampir sama dengan pengolahan pada sari kacang kedelai. Saat ini banyak sekali di marketplace orang jual susu kacang almond, boleh dicoba.

Salmon

Ikan salmon adalah makanan yang sangat bagus untuk wanita yang menyusui berkat kandungan nutrisinya. Selain itu pula ikan ini kayak akan omega-3. Selain bagus buat ibu, ikan salmon juga bagus untuk bayi. Ikan salmon sangat kaya akan kandungan asam lemak omega 3, yang penting selama perkembangan anak usia dini saat masa tumbuh kembang. Selain baik untuk pertumbuhan otak bayi dan mata, omega 3 juga dapat menjaga kesehatan pembuluh darah, jantung, dan sistem kekebalan tubuh.

Wortel

Wortel sejak lama diyakini dapat meningkatkan kualitas ASI. Wortel mengandung fitoestrogen yang sangat penting bagi mama menyusui. Selain itu, beta karoten dan vitamin A yang ada di dalamnya juga penting untuk menjaga energi ibu yang sedang menyusui. Ibu bisa membuatnya menjadi jus wortel atau sop wortel & buncis.

Asparagus

Tinggi serat, asam folat, vitamin A dan K membuat asparagus menjadi salah satu bahan makanan yang dibutuhkan ibu menyusui. Asparagus juga mengandung fitoestrogen yang juga membantu produksi ASI. Selain itu, asparagus juga mengandung tryptophan dan asam amino esensial yang dapat merangsang prolaktin (hormon utama dalam produksi ASI).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *